5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba Saat Road Trip

5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba Saat Road Trip

Ada rencana road trip Jawa Tengah saat mudik nanti? Road trip yang identik dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi, tentunya akan semakin berkesan dengan mencicipi kuliner khas Jawa Tengah.

5-Kuliner-Khas-Jawa-Tengah-yang-Wajib-Dicoba-Saat-Road-Trip

Cara terbaik untuk menikmati perjalanan ini harus Anda rencanakan sebelumnya. Berikut 5 makanan khas di Jawa Tengah yang harus kamu coba!

Nasi Liwet

Nasi liwet akan menjadi menu spesial yang menggoda selera. Nasi yang dibuat menggunakan santan, membuat rasanya sangat gurih. Kombinasi sayur labu siam dan berbagai lauk semakin membuat masakan khas Jawa Tengah ini terasa lezat di lidah.

  • Soto Kudus

Makanan khas asal Kudus ini juga sudah terkenal luas di Jawa Tengah. Sehingga saat berada di kabupaten lain pun, kamu bisa tetap mudah menemukan makanan khas yang sangat lezat ini.

Keunikan dari soto ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Soto ini disajikan di dalam mangkok berukuran kecil, dengan kuah yang bening, ada sensasi asam jawa, dan berbagai bumbu khas.

Mencicipi makanan ini saat hangat akan menambah rasanya yang gurih, dan segar. Jadi, cobalah soto khas Jawa Tengah yang unik ini.

  • Tempe Mendoan

Menu sederhana ini juga tak kalah lezat dan banyak sekali diminati para wisatawan. Berbeda dengan tempe goreng, tempe ini digoreng dengan setengah matang. Bentuknya yang persegi dan ukurannya yang lebar membuatnya semakin lebih unik.

Ada sensasi gurih yang membuat setiap orang menyukai mendoan ini. Untuk menikmatinya bisa dicocolkan dengan petis atau cabe rawit kecil yang membuat sensasinya semakin unik

  • Dawet Ireng

Minuman dawet ini sangat menyegarkan dengan tambahan es di dalamnya. Berbeda dengan dawet pada umumnya yang berwarna hijau, dawet ini memiliki warna hitam dari proses pembuatannya yang khas. Apalagi dawet ini menggunakan pemanis dari gula jawa, yang membuat sensasinya tidak bisa tergantikan.

  • Getuk Goreng

Getuk goreng memiliki karakter tekstur dan rasa yang sangat memanjakan lidah. Dimana teksturnya yang lembut berpadu kriuk di bagian kulitnya, membuat lumer di mulut. Rasanya legit dari perpaduan singkong manis dan gula jawa.

Coba saja mencicipinya satu gigitan, pasti kamu bakal ketagihan.

Itulah 5 makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba saat road trip di Jawa Tengah. Sensasi rasa kuliner Jawa Tengah memang selalu membuat para wisatawan ketagihan. Penasaran? Langsung saja coba rasakan sendiri.

https://www.blibli.com/friends/blog/road-trip-jawa-tengah-00/