Apple Dikabarkan sedang Kembangkan Mesin Pencari Sendiri

Apple dikatakan sedang mengembangkan mesin pencari sendiri

apple-mesin-pencari

Mesin pencari web Google memiliki tantangan lain, kali ini dari Apple. Sebelumnya, pesaing Google Search adalah Bing (Microsoft), Yahoo dan Baidu dari China.

Cnet mengutip sebuah laporan oleh Financial Times, sumber industri teknologi yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa iOS 14 mulai menampilkan hasil pencariannya sendiri ketika pengguna menggunakan fitur pencarian di layar beranda ponsel.

Temuan tersebut memperkuat kecurigaan bahwa Apple sedang membangun pesaing untuk pencarian Google, dan mereka juga “menculik” John Giannandrea, yang pernah memimpin pencarian Google beberapa tahun lalu.

Departemen Kehakiman AS mengajukan gugatan antimonopoli terhadap Google pada awal Oktober karena mesin pencari Search mendominasi pasar.

Google dituduh secara ilegal mempertahankan monopoli praktik anti-persaingan di halaman pencarian dan pasar iklan pencarian.

Dalam file yang disebutkan dalam kontrak Google dengan perusahaan lain, ada klausul bahwa halaman pencarian mereka adalah default. Google juga telah mempraktikkan miliaran dolar.

IPhone juga telah menggunakan mesin pencari Google selama lebih dari satu dekade. Diduga, Google membayar Apple sekitar 8 hingga 12 miliar dolar per tahun untuk kesepakatan itu.

Sumber :