Perbedaan “Explanation Text vs Procedure Text”

Pengertian dan perbedaan teks eksplanasi VS teks prosedur beserta penjelasan dan contohnya

explanation-text

Explanatory text dan procedural text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris, namun masih banyak pembelajar bahasa Inggris yang kesulitan membedakan kedua teks tersebut. bahkan jika Anda memahami penjelasan lengkap dari kedua teks, itu akan mudah dipahami. Meskipun ada beberapa struktur yang sebenarnya sama dan menimbulkan kebingungan bagi peserta didik

Perbedaan teks eksplanasi dan teks prosedur beserta penjelasan dan contohnya

Seperti yang sudah sobat KBI ketahui, teks eksplanasi ini adalah teks yang menjelaskan sesuatu, sedangkan teks prosedur adalah teks yang menjelaskan sesuatu, melainkan bagaimana sesuatu itu dibuat atau dioperasikan. Keduanya memiliki kesamaan, sama-sama menjelaskan atau menjelaskan sesuatu, namun tetap ada perbedaan di antara keduanya. Berikut penjelasan lengkapnya agar lebih mudah dipahami.

eksplanasi teks eksplanasi.

Explanatory text adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu dari segi fenomena atau kejadian alam yang terjadi, seperti munculnya pelangi, munculnya hujan, munculnya banjir, dll.

Struktur teks eksplanasi

  • Pernyataan umum: berisi pernyataan umum tentang sesuatu yang terjadi dan dinyatakan dengan jelas di awal paragraf
  • Squenced Explanation: Yaitu penjelasan tentang fenomena atau peristiwa yang terjadi secara utuh dan berkaitan dengan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
  • Kesimpulan: berupa paragraf terakhir dalam teks eksplanasi yang berisi kesimpulan.

Penjelasan teks prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisi penjelasan tentang pembuatan atau pengoperasian suatu barang, teks prosedur hampir mirip dengan teks eksplanasi, tetapi teks prosedur lebih banyak berhubungan dengan materi atau benda daripada fenomena.

Struktur teks prosedur

Tujuan: tujuan membuat bahan atau produk tertentu.
Bahan: bahan yang digunakan untuk memproduksi atau mengoperasikan sesuatu
Langkah-langkah: langkah-langkah yang harus diambil pada saat pembuatan

Contoh teks eksplanasi

Bagaimana hujan terjadi

  • Sinar Matahari di Bumi Energi dari sinar matahari menyebabkan terjadinya penguapan (evaporasi) di lautan, lautan, danau, sungai dan sumber air lainnya, sehingga terciptalah uap-uap air yang dihasilkan.
    Uap air ini naik ke ketinggian tertentu dan mengalami peristiwa yang disebut kondensasi. Peristiwa pengembunan ini disebabkan suhu uap air di sekitarnya lebih rendah dari titik embun uap air.
  • Kemudian uap-uap air membentuk awan. Kemudian angin (yang terjadi karena perbedaan tekanan udara) mengambil detail air ini.
  • Butiran air ini menyatu (proses ini disebut koalensi) dan berangsur-angsur membesar oleh turbulensi udara, butiran air ini tertarik oleh gravitasi bumi sehingga jatuh ke permukaan bumi.
  • Dan ketika jatuh ke permukaan bumi, butiran air itu akan melewati lapisan yang lebih hangat di bawahnya. Butir-butir udara menguap lebih lama dan sebagian lainnya jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Ini disebut hujan.

(Terjemahan)

  • Sinar matahari menyinari bumi, energi sinar matahari ini menyebabkan penguapan di lautan, lautan, danau, sungai dan sumber air lainnya untuk menghasilkan uap air.
  • Uap air ini naik ke ketinggian tertentu dan mengalami peristiwa yang disebut kondensasi. Peristiwa kondensasi ini disebabkan oleh fakta bahwa suhu lingkungan uap air lebih rendah dari titik embun uap air.
    Kemudian uap air ini membentuk awan. Kemudian angin (yang terjadi karena perbedaan tekanan udara) membawa tetesan air tersebut.
  • Tetesan air ini bergabung (proses ini disebut koalesensi) dan menjadi lebih besar karena adanya turbulensi udara, tetesan air ini tertarik oleh gravitasi bumi sehingga jatuh ke permukaan bumi.
  • Dan ketika jatuh ke permukaan bumi, tetesan air ini melewati lapisan yang lebih hangat di bawahnya. Artinya sebagian kecil air menguap lagi ke atas dan sebagian lagi jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Ini disebut hujan.

Contoh teks prosedur
(Cara Membuat Jus Sayuran)

  • Jika memungkinkan, pilihlah buah atau sayuran segar agar rasa dan kandungan vitaminnya tetap terjaga secara optimal.
  • Hindari mencampur dua atau lebih bahan dengan wewangian yang sama kuat atau menyengatnya. Misalnya campuran mangga yang berbau manis.
  • Untuk membuat jus lebih menarik, gunakan variasi bahan berwarna cerah. Misalnya jus nanas campur jambu merah.
  • Jangan ragu untuk menambahkan air ke jus lemon (atau air jeruk nipis) ke jus yang Anda buat karena air dapat menambah rasa sekaligus mengurangi bau yang kuat dari bahan tertentu.
  • Tiga pilihan untuk jus yang lebih segar: 1) Masukkan es serut ke dalam blender bersama bahan lainnya; 2) gunakan air es sebagai pengganti air dingin; 3) Gunakan air biasa dan tambahkan es batu ke jus yang seperti itu.
  • Jika memungkinkan, hindari menambahkan gula, susu kental manis, atau sirup karena dapat menghambat penyerapan vitamin oleh tubuh.
  • Namun jika terpaksa, buatlah sirup gula. Kebetulan, air gula yang direbus sama dengan perbandingan 1:1. Sirup gula larut lebih baik dan campur dengan jus daripada gula pasir biasa.
    Setelah dibuat, jus harus segera diminum karena jika dibiarkan terlalu lama, vitamin dalam jus akan terganggu oleh oksigen dan sinar ultraviolet, yang terasa tidak enak setelah manfaatnya berkurang.
  • Waktu terbaik minum jus sebelum makan adalah agar bisa mengoptimalkan penyerapan berbagai nutrisi di dalamnya.
  • Ukur jus untuk anak-anak dari 6 bulan, kami merekomendasikan tidak lebih dari 177 ml (kurang dari 1 gelas standar) per hari.

(Terjemahan)

  • Sebisa mungkin memilih bahan maupun sayuran yang masih segar agar rasa dan kandungan vitaminnya bisa diperoleh secara maksimal.
  • tidak mencampuri 2 bahan atau lebih dengan aroma yang sama-sama kuat atau tajam. Contohnya mengkudu campur mangga harum manis.
  • Agar Tampilan lebih menarik, gunakan variasi bahan yang beraneka warna. Misalnya jus nanas campur jambu merah.
  • Jangan ragu untuk menambahkan air perasan jeruk lemon (nipis) pada jus buatan anda karena air tersebut bisa menambah cita rasa sekaligus mengurangi bau pada bahan tertentu.
  • Tiga opsi Agar jus lebih segar: 1) Masukkan es serut ke dalam mixer Bersama Bahan Lain; 2) Gunakan Air’s Yang Dingin Bukan Air Putih; 3) Gunakan air putih lalu tambahkan potongan es batu di atas jus yang sudah jadi.
  • Jika, Jangan Tambah Gula, Sirup Susu Kental Manis Maupun Karena Dapat Menghambat Penyerapan Vitamin Oleh Tubuh.
  • Namun Bila Terpaksa, Buatlah Sirup Gula. cara rebus gula pasir bersama air dengan perbandingan 1: 1. Sirup gula lebih mudah larut dan bercampur dengan jus dibandingkan gula pasir biasa.
    Setelah dibuat, sebaiknya segera diminum karena bila terlalu lama dibiarkan maka vitamin dalam jus akan rusak oleh oksigen dan ultraviolet rasanya tidak enak sekaligus bermanfaat berkurang.
  • Waktu terbaik untuk minum jus adalah sebelum makan agar penyerapan berbagai zat gizi di dalamnya bisa optimal.
  • Takaran jus untuk anak usia 6 bulan ke bawah sebaiknya tidak lebih dari 177 ml (kurang dari 1 gelas standar) per hari

Jadi, perbedaan antara Explanatory text dan procedural text adalah pada Explanation menjelaskan akan terjadinya fenomena alam, sedangkan teks prosedural akan menjelaskan suatu hal di buat atau beroprasi. Terus Semangat Belajar Bahasa Ingris Sahabat KBI

Sumber :