Fakta Menarik Lato-Lato, Kapan Mereka Ada & Dari Mana Asalnya?

Rate this post

– Lato-lato merupakan permainan anak-anak yang juga disukai oleh orang dewasa. Ketahuilah bahwa ada beberapa fakta menarik tentang lato-lato yang menjelaskan tentang permainan anak.

Saat ini, lato-lato kembali populer di kalangan berbagai kalangan di Indonesia. Namun ternyata permainan anak-anak ini berasal dari barat, bahkan dari Amerika Serikat dan Kanada.

Fakta Menarik Lato-Lato, Kapan Mereka Ada & Dari Mana Asalnya?

Fakta-Menarik-Lato-Lato,-Kapan-Mereka-Ada-&-Dari-Mana-Asalnya

Fakta lato-lato yang menarik
Sisa waktu -9:47
Unibots.in

Baca juga:
5 Emulator PC Cocok untuk Main Mobile Legends

1. Lato-lato dari barat

Fakta menarik yang pertama tentang Lato-lato adalah asal usul popularitasnya, permainan anak-anak ini berasal sekitar tahun 1960-an di Amerika Serikat dan Kanada dan pada tahun 1971 juga di Inggris.

2. Nama Lato-Lato

Baca juga:
Pembalasan terhadap bocah Lato-Lato ini membuat kami bahagia, netizen: penderitaan kami terbayar

Lato-lato atau kato-kato adalah nama yang digunakan di Sulawesi Selatan. Di barat, mainan ini disebut clackers, yang terdiri dari dua bola plastik padat yang dihubungkan dengan tali atau tali.

3. Populer di AS dan Inggris

Seperti halnya di Indonesia, permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak di Amerika Serikat dan Kanada pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Di Inggris, BBC bahkan membuat berita khusus tentang keruntuhan pada tahun 1971.

Baca juga:
Siapa sih Lord Arnol, bocah viral yang jago main lato-lato?

4. Mengkonsumsi korban sampai dilarang

Seperti di Indonesia, keruntuhan ini kemudian mulai memakan korban. Sejumlah anak terluka saat bermain lato-lato.

Seperti yang dilaporkan New York Times News pada 12 Februari 1971, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan peringatan tentang bahaya obrolan.

Baca juga:
Pengantin heboh disambut lato-lato, netizen: beda dari yang lain

Kabar menyebutkan, setidaknya ada dua anak dan dua orang dewasa yang terluka akibat lato-lato. Dalam kejadian tersebut, peluru lato-lato pecah dan pecahan peluru tersebut menyebabkan luka di dekat mata keempat korban.

Belum lama ini, mainan kerincingan ditarik dari pasar dan dilarang dipasarkan di AS dan Kanada.

5. Masalah lato-lato di Mesir

Sebelum booming di Indonesia saat ini, lato-lato juga biasa dimainkan oleh anak-anak Indonesia dari tahun 1990-an. Namun yang lebih menarik perhatian dunia adalah ketika ribuan lato-lato disita pemerintah Mesir pada akhir 2017 lalu.

Alasannya unik. Jika mainan ini disebut Lato-Lato di Indonesia, maka di Mesir saat itu sepasang bola itu disebut Testis Sisi, menyebut Presiden Mesir Abdul Fatah sebagai Sisi.

Sisi memerintah Mesir setelah melakukan kudeta terhadap Presiden Muhammad Mursi yang terpilih secara demokratis pada 2013. Dia kemudian terpilih sebagai presiden pada pemilu 2014, yang dianggap tidak demokratis oleh beberapa orang.

Kembali ke lato-lato di Mesir: Karena julukan aneh ini, polisi menangkap 41 penjual lato-lato pada November 2017 dan menyita lebih dari 1400 unit mainan tersebut.

Tak hanya itu, Kementerian Pendidikan Mesir juga memerintahkan para guru untuk menyita lato-lato yang dibawa siswa ke sekolah.

Pemerintah Mesir saat itu mengatakan lato-lato dilarang karena menimbulkan perilaku negatif pada anak-anak dan mengganggu ketentraman masyarakat.

6. Viral lato-lato di Indonesia

Kini di Indonesia, lato-lato sendiri mulai menimbulkan kontroversi. Sejumlah yurisdiksi mulai melarang mainan tersebut di sekolah-sekolah. Ini antara lain terjadi di Bogor, Cirebon, dan Belitung.

Namun dr Hery Wibowo, pakar sosiologi Universitas Padjadjaran, Senin (1/9/2023) mengatakan bahwa lato-lato sebenarnya baik untuk mengurangi ketergantungan anak pada gawai dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan orang lain.

Itu tadi berbagai fakta menarik tentang lato-lato yang harus kamu ketahui tentang permainan anak ini

Baca Juga :

https://www.kuismedia.id
https://sajadahbusa.com