Kabel utp: definisi, fungsi, jenis, kategori, properti

Definisi kabel utp
Buka baca cepat

Kabel Unshield Twisted Pair (Utp) adalah kabel yang digunakan untuk membuat jaringan komputer. Kabel utp dilengkapi dengan 8 kabel dengan warna yang unik pada setiap kabelnya kemudian disusun secara melintir pada setiap pasang warna sehingga membentuk 4 pasang. Gulungan kabel digunakan untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel. Biasanya, kabel ini banyak digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya melalui perangkat jaringan. Namun kabel ini juga sering digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat jaringan lain seperti router dan switch.

Kabel-utp-definisi-fungsi-jenis-kategori-properti
Fungsi kabel utp

Kabel UTP memiliki fungsi yaitu digunakan sebagai kabel jaringan area lokal (LAN) dalam sistem jaringan komputer. Kabel UTP biasanya memiliki impedansi sekitar 100 ohm dan dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya untuk mengirimkan data. Kabel UTP dilengkapi dengan 8 kabel dengan warna yang unik pada setiap kabelnya, yang kemudian disusun menjadi 4 pasang secara melintir pada setiap pasang warna. Gulungan kabel digunakan untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.

Setiap warna pada kabel memiliki fungsi yang berbeda. Dari 8 warna kabel UTP tersebut, masing-masing memiliki peran tersendiri terkait dengan fungsinya yaitu:

Oranye: Kabel oranye bertindak sebagai konduktor untuk paket data.
Putih-oranye: Kabel putih-oranye bertindak sebagai konduktor untuk paket data.
Hijau: Kabel hijau berfungsi sebagai konduktor paket data.
Putih-hijau: Kabel putih-hijau bertindak sebagai konduktor untuk paket data.
Biru: Kabel biru berfungsi sebagai konduktor untuk paket suara.
Putih-biru: Kabel putih-biru bertindak sebagai konduktor untuk paket suara
Coklat: Kabel coklat berfungsi sebagai penghantar tegangan DC.
Putih-coklat: Kabel putih-coklat berfungsi sebagai konduktor tegangan searah

Baca lebih lanjut: Modulasi adalah

Jenis kabel utp

Di bawah ini adalah beberapa jenis kabel Utp, diantaranya sebagai berikut:
1. Kabel kontinyu

Untuk kabel straight-through, aturan pengaturan yang sama berlaku untuk setiap ujung konektor. Kabel straight-through jenis ini biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, seperti antara router dengan sakelar / hub, komputer dengan sakelar, dan komputer dengan hub.

Urutan kabel lurus adalah sebagai berikut:

Langsung melalui kabel

2. Kabel crossover

Dengan kabel saling silang, aturan pengaturan yang berbeda berlaku di antara setiap ujung konektor. Jenis saling silang biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Misalnya antara komputer dengan komputer, router dengan router, switch dengan switch, hub dengan hub.

Urutan kabel crossover adalah sebagai berikut:

Kabel silang
3. Gulung kabel

Jenis kabel utp yang terakhir adalah kabel roll-over. Kabel roll-over memiliki susunan terbalik antara satu ujung steker dan ujung lainnya. Kabel roll-over digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang berbeda, hampir sama dengan kabel straight-through. Namun, jenis kabel ini lebih cenderung menjadi perangkat berbasis konsol, mis. B. saklar dengan printer atau saklar dengan proyektor.

Urutan kabel roll-over adalah sebagai berikut:
Kabel rollover
Kategori kabel UTP

Kabel UTP dikelompokkan dengan istilah Category atau biasa kita sebut CAT. Kabel UTP dikategorikan berdasarkan kualitas transmisi data yang tersedia. Semakin tinggi kategorinya, semakin cepat transfer data berlangsung. Di antara semua kategori kabel UTP, yang paling populer adalah kabel CAT5e dan CAT5, yang banyak digunakan di jaringan Ethernet.
Kategori 1 – CAT1

Kabel UTP kategori 1 adalah kabel dengan kualitas transmisi paling rendah (1 Mbit / s). Kabel dalam kategori ini hanya mendukung komunikasi suara analog, sehingga kurang cocok untuk sistem modern saat ini. Kabel CAT1 digunakan pada tahun 1983 untuk menghubungkan telepon analog POTS (Plain Old Telephone Service).
Baca Lainnya: Memahami Anemia

Kategori 2 – CAT2

Kabel UTP kategori 2 memiliki kecepatan transfer data hingga 4 Mbit / s. Kabel dalam kategori ini mendukung suara dan data digital. Pada umumnya kabel ini digunakan dalam jaringan yang menggunakan teknologi IBM Token Ring, namun seiring perkembangan jaman, kabel jenis ini sudah tidak sesuai lagi untuk digunakan pada sistem modern.
Kategori 3 – CAT3

Kabel UTP kategori 3 memiliki kecepatan transmisi data hingga 10 Mbit / s dan mendukung komunikasi suara dan data digital. Dari sudut pandang evolusi teknologi Ethernet, kabel CAT3 memiliki kemampuan paling rendah karena hanya mendukung jaringan 10BASE-T. Umumnya kabel jenis ini digunakan pada jaringan IBM Token Ring dengan kecepatan 4 Mbps, bukan CAT2
Kate

 

LIHAT JUGA:

 

https://memphisthemusical.com/
https://officialjimbreuer.com/
https://timeisillmatic.com/
https://votizen.com/
https://boutiquevestibule.com/
https://ariatemplates.com/
https://worldbeforeher.com/
https://thinknext.net/
https://bootb.com/
https://excite.co.id/