Mudah Dan Aman ! Inilah 9 Cara Membersihkan Ruang Mesin

Sederhana dan aman! Berikut 9 cara membersihkan ruang mesin mobil

Mudah Dan Aman ! Inilah 9 Cara Membersihkan Ruang Mesin

1. Siapkan peralatan

Tentunya untuk membersihkan ruang mesin terlebih dahulu, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan terlebih dahulu. B. selang, spons, kuas, air bersih, ember, kuas, sabun khusus mobil, pembersih gemuk mesin, kulit sintetis, dan kain microfiber.
Viral: Bentley Mulsanne Saingan Mobil Mewah Kerajaan Inggris Rolls Royce
2. Pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin

Setelah menyiapkan peralatan, opsi selanjutnya untuk membersihkan ruang mesin adalah dengan memastikan mesin dalam keadaan dingin.
3. Bersihkan debu atau kotoran ringan

Saat mesin dingin, Anda dapat mulai membersihkan kompartemen mesin. Dalam prosesnya, bersihkan debu dan kotoran yang menempel atau berada di kompartemen mesin mobil Anda. Untuk melakukan ini, mulailah dengan membersihkan ruang mesin dengan sikat dari area yang luas ke samping. Proses ini lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki blower.
4. Melepas aki mobil

Langkah terpenting dalam membersihkan kompartemen mesin adalah melepas aki mobil. Ini sangat penting karena Anda perlu menggunakan air pada tahap pembersihan berikutnya. Jadi, dengan melepas aki mobil, secara tidak langsung Anda dapat mematikan daya pada mobil Anda dan terhindar dari korsleting saat mencuci mesin dengan air.
5. Bersihkan bagian bawah tudung

Saat aki mobil dilepas, kap mesin harus dibersihkan terlebih dahulu karena berada di atas, dan jika dibersihkan belakangan kemungkinan besar kotoran pada kap mesin akan berjatuhan ke permukaan mesin yang Anda bersihkan terlebih dahulu.

Untuk membersihkan kap mesin, Anda bisa menggunakan cairan pembersih serbaguna. Caranya dengan menyikat atau menyikat kotoran yang menempel, bilas perlahan setelah dibersihkan agar cipratan air tidak berceceran di permukaan mesin. Kemudian Anda bisa mengeringkannya dengan kain microfiber atau kulit plastik.
Viral: Cari tahu harga mobil Lamborghini terbaru sebelum membeli
6. Lakukan dengan hati-hati dan teliti

Lakukan pembersihan menyeluruh dan menyeluruh dengan cairan pembersih. Pertama Anda bisa membasahi permukaan mesin yang akan dibersihkan. Setelah itu, Anda bisa menghilangkan kotoran yang membandel dengan kuas atau brush. Pada fase ini, disarankan untuk memulai dengan pembersihan besar-besaran dari ruang mesin dan baru kemudian sampai ke bagian-bagian kecil dan di antara mesin-mesin.
7. Bersihkan juga bagian depan mesin

Jika menurut Anda ruang mesin sudah bersih, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan bagian depan mesin. Dalam hal ini, Anda perlu melepas kisi-kisi depan, sebenarnya Anda dapat melepasnya tanpa kisi-kisi, tetapi ketika bekerja menjadi cukup kencang.
8. Keringkan bagian yang sudah dibersihkan

Cara terakhir untuk membersihkan ruang mesin adalah dengan mengeringkannya dengan kain microfiber atau plastik chamois. Sehingga kondisi ruang mesin bebas dari sisa air dari proses pembersihan untuk mencegah terjadinya karat pada komponen mesin. Disarankan untuk membilas permukaan mesin yang dicuci sebelum dikeringkan.
9. Pasang baterai dan nyalakan mesin

Setelah semuanya selesai dengan sempurna, jangan lupa pasang kembali aki mobil Anda dan coba nyalakan.

Perawatan rutin dan pembersihan kompartemen mesin mobil Anda akan membuat Anda, pemilik mobil, bahagia. Selain menyangkut nilai jual, kondisi ini juga menambah daya tarik mobil bagi semua orang.

Sumber :