10 Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh

10 Cara Hemat Kuota Internet di Android

10 Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh

Ada banyak cara untuk menghemat kuota internet di Android. Android memiliki fitur Data Usage, untuk memudahkan kita memantau penggunaan koneksi internet, serta sejumlah trik dan cara mudah lainnya untuk melakukannya.

Apapun merk smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo atau lainnya, kamu tetap bisa menghemat kuota internet, di perangkat Android apapun. Ikuti saja tips di bawah ini, maka kuota internet akan lebih hemat.
1. Memantau Penggunaan Kuota Internet di Android

Android memiliki fitur Penggunaan Data. Anda dapat menemukan fitur ini di Android di aplikasi Pengaturan Penggunaan Data Nirkabel & Jaringan.

android boros kuota

Setiap smartphone Android berbeda. Jika fitur Data Usage tidak ditemukan atau tidak di smartphone Android Anda, cukup unduh aplikasi Data Usage di Google Play.
Penggunaan data
Unduh
Kode QR
Penggunaan data
Pengembang: Jango Labs
Harga: Gratis

Aplikasi tersebut hanyalah sebuah shortcut yang membuka akses fitur Data Usage di Android yang memang sengaja disembunyikan oleh produsen smartphone.

Dalam Penggunaan Data ini, Anda akan melihat statistik penggunaan koneksi internet yang dihabiskan dari rentang waktu yang berbeda, biasanya dihitung per bulan. Secara default, hanya penggunaan data seluler yang ditampilkan.

Jika Anda jarang menggunakan data seluler, maka statistik akan menunjukkan lebih sedikit (atau kosong) dan lebih banyak tentang penggunaan Wi-Fi-nya, seperti yang ditunjukkan di atas.

Untuk menampilkan statistik penggunaan Wi-Fi, pilih tombol menu Lainnya dan pilih Tampilkan penggunaan Wi-Fi.

penggunaan kuota wifi

Kemudian, Anda akan melihat statistik penggunaan kuota internet dari jaringan Wi-Fi yang sering Anda gunakan, di sebelah koneksi internet data seluler Anda.

Anda dapat melihat statistik penggunaan internet dari bulan ke bulan di sini. Perlu diketahui bahwa fitur Data Usage di Android tidak 100% akurat dalam menampilkan berapa kuota internet yang sudah habis.

koneksi internet wifi

Saat Anda menggulir layar ke bawah, Anda akan melihat daftar aplikasi dengan jumlah kuota internet yang dikonsumsi oleh aplikasi tersebut. Dari sini, Anda dapat mempertimbangkan untuk berhenti membuka aplikasi yang sama lagi terlalu sering.

pemborosan kuota internet

Agar hasil statistik tampil lebih akurat, Anda dapat memilih setiap aplikasi untuk melihat penggunaan kuota internet yang dihabiskan oleh aplikasi tersebut. Anda dapat melihat penggunaan internet di latar depan dan latar belakang.
2. Lihat Penggunaan Kuota Internet Android dari Router Wi-Fi

Untuk pengguna Wi-Fi rumahan seperti IndiHome, Anda bisa mengecek penggunaan kuota internet dengan detail seperti Penggunaan Data di Android. Begitu juga untuk pengguna Wi-Fi dengan router yang bisa dibawa kemana-mana seperti Andromax Smartfren.

kuota internet andromax

Hasil analisis fitur Data Usage tentunya belum cukup untuk dapat memperkirakan aplikasi mana yang boros kuota, dan mana yang hemat kuota. Kami membutuhkan hasil analisis dari statistik penggunaan kuota internet dari pusat jaringan Wi-Fi kami sendiri.

Kunjungi situs atau alamat IP admin router Wi-Fi yang Anda miliki. Berikut saya berikan contoh dari Smartfren. Untuk pengguna layanan Wi-Fi rumahan, caranya mungkin sedikit berbeda – sesuaikan saja.

Pastikan Anda bisa melihat penggunaan kuota internet dalam rentang waktu yang cukup lama, misalnya per bulan. Bagi pengguna layanan internet Wi-Fi terdapat tombol Reset di admin, gunakan tombol tersebut untuk mereset nomor penggunaan koneksi internet.

Di admin router Wi-Fi, penggunaan internet mungkin tidak selengkap fitur Penggunaan Data di Android. Namun apa yang ditampilkan pada admin router bisa menjadi pertimbangan agar kuota bisa lebih hemat dengan analisa yang lebih akurat.

Berdasarkan hasil analisis fitur Data Usage di Android dan admin router, Anda dapat memperkirakan aplikasi mana yang harus dikurangi penggunaan di ponsel Android Anda. Namun, mengurangi penggunaan aplikasi untuk menghemat kuota internet masih belum cukup.
Ingin hemat kuota internet di Windows 10? Tutorial dan langkah-langkah cara menghemat penggunaan kuota internet di Windows 10 ini akan membantu Anda.
3. Mengatur Pengaturan Setiap Aplikasi dalam Penggunaan Internetnya

Pada fitur Data Usage di Android, Anda dapat melihat penggunaan kuota internet secara detail dari setiap aplikasi yang terpasang di smartphone Android Anda.

Pilih nama aplikasi, maka Anda dapat melihat penggunaan jaringan internet di latar depan dan latar belakang. Foreground adalah saat aplikasi aktif Anda terbuka di Android, sedangkan background adalah saat aplikasi tidak aktif atau bekerja di belakang layar.

Sumber :