Bagaimana cara kerja periklanan untuk negara dan perusahaan?
Apakah pemerintah dan perusahaan menggunakan iklan untuk tujuan yang sama? Berikut penjelasannya.
Bagaimana cara kerja periklanan untuk negara dan perusahaan?
Secara kasar, keduanya menerapkan berbagai jenis iklan dalam kampanye mereka.
Seperti yang telah kita bahas, iklan dibagi menjadi dua bagian berdasarkan tujuannya, yaitu:
Komersial: Digunakan untuk mendorong transaksi jual beli.
Non-komersial: tidak mengandung pesan komersial atau sering disebut dengan iklan layanan masyarakat.
Pemerintah dan perusahaan memiliki tujuan masing-masing, sehingga fungsi periklanan tidak sama bagi mereka.
Lalu apa fungsi periklanan bagi negara dan perusahaan?
Fitur Promosi Pemerintah
Pemerintah menggunakan berbagai platform periklanan untuk mengintensifkan sosialisasi.
Melalui iklan, pemerintah menyampaikan pesan sosial untuk mendukung programnya.
Iklan diharapkan dapat membuat kebijakan baru lebih mudah dipahami masyarakat.
Jadi, secara umum, fungsi periklanan bagi pemerintah adalah:
Memberikan edukasi kepada masyarakat.
Mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial.
Cari tahu tentang layanan dan kebijakan pemerintah.
Mengingatkan masyarakat akan hak dan kewajiban.
Contoh iklan pemerintah antara lain pengingat untuk menyampaikan SPT Tahunan, undangan untuk berpartisipasi dalam vaksin Covid-19, dan lain sebagainya.
Baca juga: Contoh Iklan Nirlaba
Fitur Promosi untuk Bisnis
Bukankah perusahaan menggunakan bentuk iklan non-komersial seperti yang dilakukan pemerintah?
Itu mungkin, tetapi tentu saja sangat jarang.
Misalnya, ada produsen produk kesehatan yang sering memasang iklan layanan masyarakat dengan topik kesehatan. Namun pada akhirnya, tujuan mereka adalah untuk mendapatkan perhatian atau brand awareness.
Jadi, jika bisnis Anda ingin berkembang, iklan harus dimasukkan sebagai salah satu strategi pemasarannya.
Berikut adalah beberapa fitur iklan bisnis:
Membuat produk perusahaan dikenal luas.
membangkitkan minat pelanggan.
Jangan membuat produk mudah dilupakan.
Kembangkan keinginan untuk membeli produk.
Tambahkan nilai pada produk.
Pada dasarnya, perusahaan menggunakan iklan untuk tujuan komersial. Contoh berikutnya adalah tayangan iklan televisi.
Baca Juga: Contoh Iklan Komersial
Apa fungsi iklan bagi individu?
Selain pemerintah dan perusahaan, individu juga dapat membuat iklan. Namun, anggarannya tidak sebesar lembaga atau organisasi
Bagi individu, iklan juga digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa yang mereka jual.
Misalnya, Anda sering melihat iklan jasa pengetikan, les privat, penjualan properti, dan lain sebagainya.
Sumber: Fiverr
Peran periklanan bagi pemerintah dan perusahaan
Singkatnya, iklan adalah alat komunikasi serbaguna untuk berbagai tujuan. Dalam hal ini bagaimana fungsi periklanan terlihat sama bagi pemerintah dan korporasi dari segi utilitas.
Baik pemerintah maupun perusahaan dapat menggunakan iklan untuk meningkatkan kesadaran publik. Periklanan juga dapat memiliki efek yang sama dalam praktik individu.
Sumber :