Patut Dicoba! 7 Strategi Ampuh Mengerjakan Reading Test

Layak dicoba! 7 Strategi Efektif untuk Mengikuti Tes Membaca Bahasa Inggris

Patut Dicoba! 7 Strategi Ampuh Mengerjakan Reading Test
Saat mengerjakan soal-soal bahasa Inggris seperti ujian sekolah, UTBK SBMPTN, TOEFL, TOEIC dll, tes membaca seringkali macet atau membingungkan. Selain membaca teks yang panjang, waktu juga terbatas. Agar tidak terjebak lagi dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini, yuk pelajari strateginya!

1. Fokus pada pertanyaan

Fakta:

Dalam tes membaca, kita sering membaca teks sebelum pertanyaan.

Kiat:

Lebih baik perhatikan pertanyaannya terlebih dahulu dan kemudian mulai membaca teksnya. Jika Anda melakukan sebaliknya, Anda mungkin lupa apa inti dari teks yang Anda baca.

2. Membaca dengan teknik

Skimming, yaitu membaca cepat dengan melewatkan kata-kata yang kurang penting seperti preposisi, juga sulit dipahami. Skimming memberi Anda gambaran tentang diskusi dalam teks dengan mencari topik utama.
tes membaca

(Sumber: pexels.com)

Memindai, bukan membaca, tetapi memindai. Caranya, cepat gerakkan mata Anda dari atas ke bawah. Kemudian berhenti pada kata kunci yang terkait dengan pertanyaan dalam soal.

Baca Juga: Skimming dan Scanning, Rahasia Membaca Cepat

Di bawah ini adalah beberapa jenis pertanyaan yang biasanya muncul saat tes membaca bahasa Inggris. Pelajari strategi berikut, yuk!

3. Cari ide utama dalam teks

Apakah subjek dari teks di atas?

Apa gagasan utama paragraf 3?

Teks ini terutama membahas tentang …

Strategi:

Misalnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan jenis ini tentang ide/informasi utama, tujuan, judul, atau topik utama. Baca kalimat pertama dan kemudian kalimat terakhir. Kemudian cocokkan dengan pilihan pada soal. Topik biasanya ada di klausa utama dan di akhir teks. Pada dasarnya, Anda perlu mengetahui abstrak, ide utama, ide utama dan inti dari teks.

4. Temukan arti dari kosakata tersebut

Menurut teks, “berlebihan” pada baris 4 mengacu pada …

Strategi:

Berlatih teknik pemindaian dan temukan kosakata yang dimaksud. Bacalah kalimat-kalimat yang mengandung kosakata tersebut. Nah, kalau sudah tahu artinya, jangan langsung menjawab. Pertama, memahami konteks penggunaan kata dalam kalimat secara keseluruhan. Jangan lupa baca juga kalimat sebelum dan sesudahnya.

5. Carilah pernyataan benar/salah

Manakah dari pernyataan berikut yang benar tentang teks?

Strategi:

Baca setiap opsi jawaban terlebih dahulu. Kemudian mencocokkannya dengan kalimat dalam teks menggunakan teknik scanning. Temukan kalimat yang cocok dengan pilihan dan periksa apakah itu benar atau tidak.

6. Mencari kesimpulan

Apa akhir dari teks?

Strategi:

Baca teks dengan teknik skimming dan temukan gambar utama teks. Cari opsi yang cocok dengan deskripsi semua teks. Untuk menjawabnya, coba bayangkan ketika ditanya “Apa gunanya?”. Apa yang akan kamu jawab? Itulah jawabannya.

7. Mencari makna/referensi sebagai pertanyaan/kata dalam sebuah kalimat

Kata ganti “the” (paragraf 1, kalimat terakhir) mengacu pada …

Strategi:

Gunakan teknik scanning lalu baca kalimat sebelumnya karena referensi pernyataan biasanya ada di kalimat sebelumnya. Inti dari hal ini adalah pencarian kata pengganti.

Sumber :