Download Tertunda di Play Store? Begini Cara Mengatasinya

Unduhan Tertunda di Google Play Store? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

tertunda-di-play-store

Cara mengatasi download tertunda di play store sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri dari hp anda baik itu xiaomi, samsung, bahkan vivo dan oppo.

Seperti yang Anda ketahui, Google Play Store atau sering disebut dengan Play Store merupakan sebuah layanan sebagai tempat mengunduh berbagai aplikasi di sistem operasi Android.

Dengan berbagai kemudahannya, bukan berarti layanan ini tidak ada masalah lho. Salah satu yang sering ditemui adalah download tertunda di Play Store yang membuat banyak orang bingung.

Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi download yang tertunda? Daripada penasaran, lebih baik simak ulasan Jaka di artikel berikut ini, geng.

Mengapa Unduhan Tertunda di Play Store? Ternyata ini penyebabnya!

Soalnya di Play Store nunggu download atau pending download gak bisa ditebak kapan datangnya geng.

Namun jika ditelisik lebih jauh, ada beberapa penyebab download tertunda di Play Store yang kemungkinan besar akan Anda alami, berikut ini. Apa itu?

  • Koneksi internet tidak lancar; Tentunya setiap proses download pasti membutuhkan koneksi atau jaringan yang stabil dan lancar. Tentu jaringan yang bermasalah bisa menghambat proses ini, geng.
  • Ada aplikasi lain yang sedang diunduh; Tanpa Anda sadari, Play Store sebenarnya mengunduh pembaruan secara otomatis untuk aplikasi lain. Hal ini tentu saja menyebabkan Play Store menunggu unduhan alias sedang dalam antrian.
  • Memori internal tidak mencukupi; Dengan banyaknya aplikasi dan game yang terpasang di perangkat, tentu membuat memori internal penuh. Apalagi jika ponsel Android Anda memiliki spesifikasi yang terbatas,
  • masalah unduhan yang tertunda di Play Store bisa terjadi.

Cara Mengatasi Download Tertunda Di Play Store, Download Langsung Lancar Lagi!

Setelah mengetahui beberapa alasan kenapa download Play Store tertunda seperti di atas, berikut Jaka akan mengulas selengkapnya tentang cara mengatasi download tertunda di Play Store.

Ada beberapa cara yang wajib kamu lakukan, nih. Jadi jangan lupa perhatikan baik-baik dan ikuti panduan yang sudah Jaka berikan, ya!

1. Ubah Pengaturan Unduhan dengan Koneksi WiFi

Terkadang, masalah utama dari proses download yang tertunda di Play Store disebabkan oleh koneksi internet yang tidak memadai, geng.

Mulai dari sinyal data internet yang tidak terjangkau atau kualitas jaringan WiFi yang tidak stabil.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba cara beralih ke mode jaringan seperti panduan Jaka di bawah ini:

  • Alihkan koneksi internet Anda ke mode paket data seluler.
  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Saat akan mengunduh, pilih mode WiFi.

Tapi kamu harus ingat! Saat menggunakan cara ini, pastikan Anda memiliki paket internet unlimited atau kuota yang besar agar tidak terlalu memberatkan.

2. Hapus Cache Layanan Play Store

Apakah Anda sering mendownload aplikasi dan game di Play Store? Lalu berapa lama Anda menghapusnya?

Nah, kebiasaan ini kemungkinan akan menyebabkan kapasitas cache yang tersimpan menjadi penuh dan mempengaruhi kinerja aplikasi, lho.

Lalu, apa itu cache? Sederhananya, cache bisa dikatakan sebagai file “sampah” yang bisa Anda hapus dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan > Aplikasi.
  • Cari aplikasi Google Play Store, pilih menu Storage.
  • Pilih Hapus Data atau Hapus Memori.

3. Perbarui Play Store Versi Terbaru

Cara mengatasi download Play Store yang tertunda selanjutnya adalah dengan mengupdate Play Store ke versi terbaru untuk menghindari bug dan mempermudah penggunaan.

Karena bug ini bisa jadi penyebab Play Store tidak bisa download dan menyebabkan delay, lho.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengupdate Play Store versi terbaru adalah sebagai berikut.

  • Di Google Play Store, ketuk ikon tiga titik di sudut kiri atas.
  • Pilih menu Setting dan cari tulisan Play Store Version.
  • Tap tulisan Play Store Version hingga muncul opsi update.
  • Tekan tombol Perbarui.

4. Periksa Kapasitas Memori Internal Android

Jika Anda menggunakan HP Android murah yang memiliki spesifikasi terbatas, tentunya agak sulit untuk terus mengupdate aplikasi terbaru karena ukurannya yang semakin hari semakin besar.

Pasalnya, kapasitas memori yang terbatas, seperti 16GB atau 32GB, saat ini sudah tidak lagi “disarankan” untuk digunakan pada tahun 2021 nanti, geng.

Kalaupun ada masalah pending download di Play Store, kemungkinan juga karena memori internalnya sudah ada

Sumber :